Manfaat Buah Pisang

Apa saja manfaat buah-buahan, terutama buah yang tumbuh di alam tropis Indonesia?, seperti pepaya, jeruk keprok, pisang , mangga golek, dan alpukat yang kaya akan vitamin A, B, C, juga kalsium dan zat besi dan lain lain bahkan bisa mencegah atau mengobati berbagai pinyakit salah satunya adalah Pisang tentu buah yang tak asing lagi bagi kita semua yang kaya akan sumber vitamin A, B, C, kalsium, mineral (fosfor dan kalium), karbohidrat, dengan khasiat mengatasi sembelit, dan buah yang aman dikonsumsi karena rendah kolesterol dan lemak..



Pisang adalah tanaman buah berupa herba yang berasal dari kawasan Asia Tenggara, Afrika (Madagaskar), Amerika Selatan dan Tengah dalam bahasa latinya "Musa Paradisiaca, Linn" Atau bahasa inggrisnya Benana.Tumbuhan ini menyukai iklim tropis panas,lembab dan daerah alam terbuka yang cukup sinar matahari ,terutama di dataran rendah sampai pada ketinggian 1000 meter lebih diatas permukaan laut dengan hujan merata sepanjang tahun, produksi pisang dapat berlangsung tanpa mengenal musim.
Buah pisang tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari, yang disebut sisir dengan berdaun besar memanjang, makanya dikenal adanya memori daun pisang karena daunnya lebar bisa buat berteduh saat hujan. Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, ungu, atau bahkan hampir hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (Karbohidrat) dan mineral, terutam kalium.


Buah Pisang merupakan buah yang tinggi sarat gizi dapat dicerna dengan mudah,mengandung kalori yang tinggi dan hampir tidak mengandung lemak. Gula yang terkandung dalam buah pisang bisa diubah jadi sumber tenaga yang bagus dengan cepat, Sehingga dikenal sebagai salah satu makanan super bagi para atlet dan pakar kesehatan. Kandungan tiga gula alami, sukrosa, fruktosa dan glukosa serta serat memberi energi untuk pembakaran energi selama 90 menit nonstop.
Karbohidrat pisang menyediakan energi sedikit lebih lambat dibandingkan dengan gula pasir dan sirup, tetapi lebih cepat dari nasi, biskuit, dan sejenis roti. Oleh sebab itu, banyak atlet saat jeda atau istirahat mengonsumsi pisang sebagai cadangan energi.
Karbohidrat didalam pisang sekitar 23-35%, lemak 0.2% dan seperti bahan nabati lainnya, pisang bebas kolesterol. Sebanyak 100 gram pisang akan memberikan kalori sekitar 120-136 kalori untuk setiap 100 gram, yang secara keseluruhan berasal dari karbohidrat dan dua kali lipat lebih tinggi daripada apel. Apel dengan berat sama (100 gram) hanya mengandung 54 kalori. Kandungan energi pisang merupakan energi instan, yang mudah tersedia dalam waktu singkat, sehingga bermanfaat dalam menyediakan kebutuhan kalori sesaat. Karbohidrat pisang merupakan karbohidrat kompleks tingkat sedang dan tersedia secara bertahap, sehingga dapat menyediakan energi dalam waktu tidak terlalu cepat. Karbohidrat pisang merupakan cadangan energi yang sangat baik digunakan dan dapat secara cepat tersedia bagi tubuh,Jadi, makanlah pisang jika malas makan nasi.
Zat Besi, karena tinggi akan zat besi, buah pisang dapat merangsang produksi hemoglobin (sel darah merah) yang sangat baik, khususnya untuk penderita ANEMIA. Zat Potassium yang cukup tinggi dan rendah garam, sehingga sangat baik untuk tekanan darah agar menjadi lebih baik. Zat ini juga dapat mengurangi resiko tekanan darah tinggi dan penyakit Strooke. Potasium merupakan mineral penting yg dapat menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak dan mengendalikan kadar cairan tubuh. Saat kita sedang mengalami STRES (gangguan pikiran yg dapt mengakibatkan gangguan badan), tingkat metabolisme menjadi naik, dan karenanya terjadi pengurangan kadar potasium. Ini dapat dikendalikan dengan makanan ringan dari pisang yang kaya dengan kadar potasiumnya. Zat Asam Semut (penetral asam) yang alami terhadap tubuh, zat ini sangat bagus buat anda yang menderita penyakit jantung.Di samping zat-zat di atas, pisang juga masih banyak mengandung zat penting lainnya, diantaranya: Tryptphan, sejenis protein yg diatur tubuh menjadi Serotonin, diketahui dapat membawa efek relax atau untuk kesehatan mental seseorang, Vitamin B6 & B12, kadar fiber yang dapat membantu program diet untuk mengempiskan bagian perut, Magnesium dll.Seseorang dianjurkan untuk mengkonsumsi sekitar 2.300 mg potasium perhari. Sedangkan yang sering ditemukan, orang hanya mengkonsumsi kurang lebih 1.500 mg potasium per hari. Pada pisang ditemukan kandungan potassium yang tinggi sebesar 400 mg yang setara dengan segelas orang juice atau kentang kukus. Menurut Dr.Mitchell Elkind yang dilansir Health 24,July,2009, mengatakan bahwa pottassium bisa membuat rileks pembuluh darah sehingga mencegah tekanan darah tinggi dan membantu mengeluarkan sodium dari darah. Pada tahun 2001, FDA (Food and Drug Administration; semacam Badan POM di USA), menyetujui bahwa makanan yang merupakan sumber kalium dan rendah natrium barangkali dapat mengurangi resiko terjadinya peningkatan tekanan darah dan stroke. Peneliti dari Tulane University menemukan bahwa orang yang kurang mengkonsumsi potasium bisa meningkatkan risiko terkena stroke hingga 28 persen dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi potassium dengan cukup.
Mengkonsumsi pisang 3-4 kali sehari bahkan dipercaya dapat membantu mengurangi gejala radang sendi (arthritis). Pisang merupakan makanan kaya kalium. Satu buah pisang berukuran sedang mengandung 467 mg kalium, yang memberikan 13% kebutuhan kalium harian. Data penelitian menunjukkan bahwa pengambilan kalium oleh tubuh berhubungan dengan efek penurunan tekanan darah.


Gula pisang merupakan gula buah mengandung tiga jenis gula alami yaitu: Sukrosa, Fruktosa dan Glukosa. Fruktosa yang mempunyai indek glikemik lebih rendah dibandingkan dengan glukosa, sehingga cukup baik sebagai penyimpan energi karena sedikit lebih lambat dimetabolisme. Sehabis bekerja keras atau berpikir, selalu timbul rasa kantuk. Keadaan ini merupakan tanda-tanda otak kekurangan energi, sehingga aktivitas secara biologis juga menurun.
Untuk melakukan aktivitasnya, otak memerlukan energi berupa glukosa. Glukosa darah sangat vital bagi otak untuk dapat berfungsi dengan baik, antara lain diekspresikan dalam kemampuan daya ingat,,,Nah cocok untuk belajar dan Olahragawan.


Secara umum, kandungan gizi yang terdapat dalam setiap buah pisang matang adalah sebagai berikut: kalori 99 kalori, protein 1,2 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 25,8 miligram (mg), serat 0,7 gram, kalsium 8 mg, fosfor 28 mg, besi 0,5 mg, vitamin A44RE, Vitamin B 0,08 mg, vitamin C 3 mg dan air 72 gram.


ayo buruan makan pisang harga sangat terjangkau mudah didapat karena pisang merupakan buahan yang berbuah tanpa musim. Dan banyak lagi manfaat dari buah pisang kalau dilihat dari kandungan buah pisang tersebut. Yang paling nyata bermanfaat dari pisang secara kasat mata yaitu daunya buat membugkus makanan dan lain lain juga sebagai alternative penganti payung heheheheheheheeeeee…….

Post a Comment

1 Comments

  1. Pisang buah yang enak rasanya. Bagus nih dimakan sebelum berolahraga karena mudah dicerna dan cepat menambah energi.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar, Gunakan bahasa yang sopan.
Raih hal hebat dengan pikiran positif