Manfaat Jambu Biji

Jambu biji adalah salah satu tanaman buah jenis perdu dalam bahasa latinya Psidium Guajava, Tanaman ini berasal dari Brazilia Amerika Tengah, menyebar ke Thailand kemudian ke negara Asia lainnya seperti Indonesia dan sampai kekampung halaman saya heheheeee, iya kalau ditempat saya sangat mudah mendapatkanya, kalau yang merah ya sedikit tapi yang putih banyak tidak perlu beli tidak ada harganya saking banyaknya , untuk jambu merah saya punya satu pohon tapi masih kecil belum berbuah.



Semua jambu biji bermanfaat buat kesehatan tubuh tapi untuk jambu biji merah mempunyai nila plus untuk kesehatan apa lagi jaman sekarang cuaca susah ditebak bahkan musim pun tidak teratur lagi, maksudnya musim kemarau masih ada hujan sampai 2-3 hari lebih dan juga sebaliknya artinya dalam kundisi alam yang tidak menentu tentu tubuh kita juga harus kuat menghadapi iklim yang tidak menetu tersebut atau disebut sebagai Pancaroba Pada masa ini biasanya frekuensi orang yang terserang penyakit relatif meningkat. Maka dari itu kita harus bisa menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit diantaranya banyak banyak mengunsumsi makanan atau buah buahan bahkan sayuran yang banyak mengandung Antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Salah satunya seperti Jambu biji, jambu biji merah.



Jambu biji mengandung vitamin C yang paling tinggi, vitamin A dan beberapa jenis mineral. Dibanding buah-buahan lainnya seperti jeruk manis yang mempunyai kandungan vitamin C 49 mg/100 gram bahan, kandungan vitamin C jambu biji 2 kali lipat. Vitamin C ini sangat baik sebagai zat antioksidan. Sebagian besar vitamin C jambu biji terkonsentrasi pada kulit dan daging bagian luarnya yang lunak dan tebal yakni 6 kali lebih banyak dibandingkan jeruk dan 30 kali lebih banyak dibandingkan pisang Daun dan kulit batangnya mengandung zat anti bakteri yang dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit . Selain itu jambu biji ini juga mengandung potasium dan besi. Vitamin lain yang terkandung adalah vitamin B-tiamina (B1), riboflavin (B2), asid nikotinik dan asid pantotenik.
Selain anti-oksidan, vitamin C disini memiliki fungsi menjaga dan memacu/ meningkatkan kesehatan pembuluh kapiler, mencegah anemia, sariawan, gusi berdarah, dll. Selain itu juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan berbagai inveksi. Sehingga kita tidak gampang sakit. dan berperan dalam pembentukan kolagen yang sangat bermanfaat untuk menyembuhkan luka selain itu juga menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah mencegah munculnya kanker, memperkuat daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit serta membantu penyerapan zat besi dan penyembuhan luka. Jambu biji dan daunya juga berkhasiat anti radang, anti diare dan menghentikan pendarahan, misalnya pada penderita demam berdarah.
Untuk demam berdarah dianjurkan mengunsumsi extrak jambu biji merah sekitar 500cc dalam sehari rutin dapat meningkatkan pertumbuhan trombosit.
Nah jangan takut makan jambu biji sehat lho…..kalau karna banyak biji itu bisa namanya juga jambu biji tapi kalau bisa bijinya jangan di telan/makan, bahaya kalau terlalu sering atau banyak bisa usus buntu katanya.


Post a Comment

6 Comments

  1. Wah, thanks atas infonya sob, ternyata buah favorit ane bnya memiliki manfaat ya, hehehe, nice posting

    Salam Spirit dari Fahri's Articles

    ReplyDelete
  2. Kata kalo yang merah " ya sedit " itu maksud nya ya sedikit begitu gan? hehehe..maaf...ane pun biasa nya sering juga salah ketik gan...O ya Jambu Biji juga kalo di makan sama biji2 nya bisa menyebabkan usus buntu lho.... (Nyeleneh ne ane gan ) ya biji nya yang kecil, bila di telan, di antara yg banyak bisa salah masuk tuh ke bagian usus kecil sehingga berisiko Usus Buntu.... :D

    ReplyDelete
  3. wah......Jambu biji..kalo di bikin Juice enak gak ya??

    ReplyDelete
  4. udah di Follow beck Gan!

    ReplyDelete
  5. jambu biji banyak manfaatnya klo jambu monyet ada manfaatnya ga gan heheheheehe


    ane udah follow done

    ReplyDelete
  6. makasih infonya, kebetulan aku suka jambu bji

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar, Gunakan bahasa yang sopan.
Raih hal hebat dengan pikiran positif