Manfaat Buah Tomat

Tomat (Lyopercisum esculentum) adalah tumbuhan yang berasal dari Amerika yaitu buah buahan sekaligus sayur suyuran, sangat mudah dijupai dengan warna orange, merah kemerahan atau kuning & hijau kalua belum matang dan juga mudah di tanam di samping samping rumah dalam pot yang harus diperhatikan pohonnya agak lentur maka mudah patah atau rebah dan jangan terkena hujan atau panas berlebihan secara langsung.


Buah tomat bisa dimakan langsung, dibuat jus, saus tomat, dimasak, dibuat sambal dan sebagai pelengakap sayuran atau masakan lainnya,
Tomat kaya akan Vitamin,Gizi dan kandungan lainya yang bisa mengobati atau mencegah berbagia macam pinyakit, antioksidan seperti :



Vitamin C yang berkhasiat sebagai antioksidan.
Beta Carotene dapat meningkatkan kesehatan mata.
Lycopene yaitu suatu zat antioksidan yang dapat menghancurkan radikal bebas dalam tubuh akibat rokok, polusi,sinar ultraviolet, mengatasi pinyakait kanker dan jantung.
Alkaloid solanin (0,007%), saponin, asam folat, asam malat, asam sitrat, bioflavonoid (termasuk rutin), protein, lemak, gula (glukosa, fruktosa), adenin, trigonelin, kholin, tomatin, mineral (Ca, Mg, P, K, Na, Fe, sulfur, chlorine), vitamin (B1, B2, B6, C, E, likopen, niasin), dan histamin. Rutin dapat memperkuat dinding pembuluh darah kapiler. Klorin dan sulfur adalah trace element yang berkhasiat detoksikan. Klorin alamiah menstimulir kerja hati untuk membuang racun tubuh dan sulfur melindungi hati dari terjadinya sirosis hati dan penyakit hati lainnya. Likopen adalah pigmen kuning beta karoten pada tomat. Tomatin berkhasiat antibiotic dan Garam mineral yang berguna untuk merangasang nafsu makan yang pertama ya kareana rasanya yang asam.

Kandungan Gizi Tomat Masak/100 g-















  • Kalori 20 kal







  • Protein 1.0 g







  • Lemak 0.3 g







  • Karbohidrat 4.2 g







  • Kalsium 5 mg







  • Vitamin A 1500 SI







  • Vitamin C 40 mg

Post a Comment

1 Comments

Silahkan berkomentar, Gunakan bahasa yang sopan.
Raih hal hebat dengan pikiran positif