Buah Mangga dan Manfaatnya

Buah Mangga, Siapa yang tak kenal buah Mangga?, Hampir seluruh Indonesia tanaman pohon Mangga ada dengan berbagai macam jenis, salah satunya seperti mangga apel yaitu buah mangga yang mirip seperti buah apel kecil kecil, saya punya 2 pohon yang buahnya besar besar, disini disebut mangga gadung hasil persilangan 2 jenis mangga,dan banyak lagi macam macam buah mangga dengan bentuk, ukuran, warna, dan citarasa (aroma-rasa-tekstur) beraneka.
Mangga atau mempelam termasuk ke dalam marga Mangifera yang berasal dari sekitar perbatasan India dengan Burma, mangga telah menyebar ke Asia Tenggara sekurangnya semenjak 1500 tahun yang silam, Nama ilmiahnya adalah Mangifera indica yaitu dalam bahasa Indonesia Mangga bukan monggo mas hehehee…. Kata mangga diambil dari Malayalam yaitu maanga, kata ini dibawa ke negara Eropa oleh orang-orang Portugis dan diserap menjadi manga yaitu bahasa Portugis, mango dalam bahasa Inggris.
Dari banyak ragam atau macam jenis mangga tapi dari segi gizi semuanya hampir tidak jauh berbeda. Mangga ranum segar mengandung air sekitar 82 persen, vitamin C 41 mg, dan energi/kalori 73 Kal per 100 gram. Pada setiap 100 gram mangga muda, mangga yang masih mentah—terkandung air lebih kurang 84 persen, vitamin C 65 mg, dan energi 66 Kal. Energi dalam mangga muda rendah karena lebih banyak mengandung zat pati, yang akan berubah menjadi gula dalam proses pematangan.
Sebagian besar energi mangga berasal dari karbohidrat berupa gula, yang membuatnya terasa manis. Kandungan gula ini didominasi oleh gula golongan sukrosa. Kandungan gula dalam mangga berkisar 7-12 persen. Namun, jenis mangga manis dapat mencapai 16-18 persen.
Mangga Kaya akan Antioksidan Betakaroten yang merupakan sumber beta-karoten , kalium, dan vitamin C. Beta-karoten adalah zat yang di dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A (zat gizi yang penting untuk fungsi retina). Beta-karoten (dan vitaminC) juga tergolong antioksidan, senyawa yang dapat memberikan perlindungan terhadap kanker karena dapat menetralkan radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul-molekul tak stabil yang dihasilkan oleh berbagai proses kimia normal tubuh, radiasi matahari atau kosmis, asap rokok, dan pengaruh-pengaruh lingkungan lainnya.

Post a Comment

5 Comments

  1. wah mangga ternyata banyak manfaatnya ane harus banyak komsumsi nih soalnya ane seorang perokok hehehe

    ReplyDelete
  2. Enak buat di Bikin Kerabu neh.. hahhahahahhahaa.. kaya dg Serat Vitamnin C, bagus kala lagi kena flu :D

    ReplyDelete
  3. aku suka makan buah mangga

    ReplyDelete
  4. Mangga adalah salah-satu buah favorite di keluarga saya. Buah ini sangat cocok di makan langsung, di buat jus, manisan, rujak, selai, di buat dodol atau di olah menjadi aneka makanan lainnya.

    ReplyDelete
  5. Bộ sưu tập vòng tay đá núi lửa Hot nhất 2018
    Bộ sưu tập vòng tay đá mã não Hot nhất 2018
    Bộ sưu tập Vòng tay đá tourmaline Hot nhất 2018
    Bộ sưu tập vòng tay đá granat Hot nhất 2018

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar, Gunakan bahasa yang sopan.
Raih hal hebat dengan pikiran positif